Attention.........!!!!!!!!

Bagi Anggota Blog yang ingin Sign in..
Harap mengunjungi www.blogger.com..

Bagi Pengunjung Blog yang ingin melihat jawaban Pertanyaan..
Harap melihat komentar dari judul Postingan yang anda tanyakan..
Atau klik link nama anggota tim kami yang anda tanyakan..

Bagi yang ingin membaca lengkap postingan Kami..
Silakan klik saja judul postingan yang anda inginkan..

Terima Kasih...

Killims - Forever (SONG)

Get More Songs & Codes at www.stafaband.info

Selasa, 20 Oktober 2009

Intelligent Network (IN)


Intelligent Network (IN) merupakan suatu arsitektur jaringan telekomunikasi yang mempunyai tujuan untuk memberikan framework sehingga kerja dari jaringan untuk implementasi, kontrol dan management menjadi lebih efektif, lebih ekonomis, dan lebih cepat proses kerjanya . Konsep Intelligent Network dapat di aplikasikan pada jenis jaringan apapun dan teknologi apapun. Pada konsep Inteligent Network dikenal lapisan (layer) ;


- Service Control Point : Layer ini adalah layer utama dan adalah layer (lapisan) puncak dari sebuah sistem Intelligent Network . Logika keputusan atas layanan ditanam dan di aplikasikan pada layer ini.

- Service Transfer Point : Layer ini adalah penghubung antara layer SCP dan SSP. Bertindak sebagai “router” yang mengarahkan permintaan keputusan logika dari SSP menuju ke SCP.

- Service Swithing Point : Layer ini bertugas sebagai eksekutor atas keputusan logika yang ditetapkan oleh layer SCP. SSP juga bertugas sebagai layer yang mengontrol pertanyaan logika menuju SCP.

- Access Network : Access Network adalah layer jaringan akses sebagai pintu dari initiator pengguna jaringan menuju logika keputusan yang tertanam pada layer SCP.



Charging and Care

Layanan charging dan care adalah pemanfaatan layanan Intelligent Network yang paling banyak dilakukan. Layanan charging and care diterapkan pada produk GSM pra bayar dimana pelanggan harus membayar sejumlah deposit uang sebelum dapat menggunakan layanan GSM yang di tawarkan. Apabila pelanggan pra bayar akan melakukan panggilan atau memanfaatkan jasa layanan lainya, maka MSC sebagai swithing center akan menanyakan kepada SCP apakah pelanggan bersangkutan dapat di perboleh kan melakukan panggilan atau tidak. SCP akan memeriksa ketersediaan deposit uang milik pelanggan (pulsa), kemudian akan memeriksa apakah status pelanggan dalam keadaan aktif atau tidak. Hasil keputusan logika SCP akan diberitahukan ke pada MSC untuk dapat di tindak lanjuti.



Arsitektur IN (SCP) GSM untuk layanan charging and care





Rater, Charging dan Common Database

Didalam modul Rater terdapat algoritma penghitungan besaran tarif yang bergantung pada parameter-parameter yang tersimpan dalam bentuk table di dalam Common Database. Didalam modul Charging bertugas menambah atau mengurangi account milik pelanggan sesuai dengan pentarifan yang ditentukan modul rater. SCP-Charging and care menyediakan sejumlah account untuk setiap nomor MSISDN.



Dump File dan Ticket

Dump file dikeluarkan dari SCP secara berkala satu kali satu hari. Dump file melaporkan keadaan/status masing masing pelanggan per saat dump file dikeluarkan. Setiap transaksi yang dilakukan oleh pelanggan akan tercatat dalam ticket.



Arsitektur Sistem

Terdapat tiga bagian besar dalam arsitektur GSM Network, yaitu jaringan akses atau disebut RSS (Radio Subsistem) dan Core Network atau NSS (Network Switching Subsistem) dan Operation Sub Sistem (OSS).



SS7

SS7 merupakan sebuah arsitektur untuk melewatkan pensinyalan out-of-band yang mendukung pembangunan panggilan, billing, perutingan, dan fungsi perubahan informasi dari public switched telephone network (PSTN).



Basis Data (Database)

Basis data merupakan kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersama sedemikian rupa dan tanpa pengulangan (redundansi) yang tidak perlu, untuk memenuhi berbagai kebutuhan

Posting by: Rendy Wijaya (41408010001)

1 komentar:

acep mengatakan...

terima kasih atas infonya

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
TATA TULIS KARYA ILMIAH © 2008 Template by:
SkinCorner