Attention.........!!!!!!!!

Bagi Anggota Blog yang ingin Sign in..
Harap mengunjungi www.blogger.com..

Bagi Pengunjung Blog yang ingin melihat jawaban Pertanyaan..
Harap melihat komentar dari judul Postingan yang anda tanyakan..
Atau klik link nama anggota tim kami yang anda tanyakan..

Bagi yang ingin membaca lengkap postingan Kami..
Silakan klik saja judul postingan yang anda inginkan..

Terima Kasih...

Killims - Forever (SONG)

Get More Songs & Codes at www.stafaband.info

Selasa, 20 Oktober 2009

Chatting

Layanan Aplikasi Internet/ Intranet

Internet/ intranet memiliki banyak sekali layanan aplikasi yang disediakan, contohnya yaitu:

1. Aplikasi chatting, merupakan kegiatan satu orang atau lebih yang melakukan komunikasi secara online baik melalui internet maupun intranet.

2. Sistem browsing, merupakan sistem pencarian data atau file baik sebagai bahan referensi untuk sebuah tugas, lagu, dan film contohnya yang sering digunakan yaitu google dan yahoo.



3. Sistem uploading dan downloading, merupakan sistem untuk pengiriman data ata file yang akan dikirimkan ke sebuah sistem browsing agar dapat digunakan untuk orang banyak (sistem uploading) dan sistem untuk mengambil atau meng-copy data atau file dari sebuah sistem browsing (sistem downloading).

4. Sistem e-mail dan miling list, merupakan sistem untuk mengirimkan pesan seperti layaknya seorang tukang pos mengirimkan pesan namun yang membedakan yaitu pada e-mail, pesan dikirimkan melalui internet/ intranet sedangkan pos tidak melalui internet/ intranet.


Chatting

Aplikasi chatting merupakan salah satu layanan yang disediakan Internet/ intranet untuk melakukan komunikasi dengan yang lainnya. Secara harfiah, chat dapat diartikan sebagai obrolan, namun dalam dunia internet, istilah ini merujuk pada kegiatan komunikasi melalui sarana beberapa baris tulisan singkat yang diketikkan melalui keyboard. Berdiskusi online dengan para pemakai jaringan lain dari salah satu dan seluruh bagian dunia. Tempat berkumpulnya kelompok untuk saling berkomunikasi dengan chat ini disebut dengan chat room. Chatting merupakan percakapan interaktif antar sesama pengguna komputer yang terhubung dalam suatu jaringan. Percakapan ini bisa dilakukan dengan saling berinteraktif melalui teks, maupun suara. lihat juga chat 4. Berbagai aplikasi dapat digunakan untuk chatting ini yaitu:

1. Melalui SMS

2. Aplikasi messenger

a. Yahoo! Messenger,

b. MSN Messenger,

c. BorgChat, LANChat, dan lain sebagainya.


Internet Relay Chat (IRC)

Internet Relay Chat (IRC) merupakan salah satu fasilitas yang digunakan untuk mendukung sebuah aplikasi chatting agar dapat berkomunikasi langsung dengan menggunakan keyboard. Dapat mengambil bagian dalam komunikasi publik dengan sekelompok orang. Atau, jika menginginkan dapat menggunakan IRC untuk mengatur komunikasi pribadi dengan orang-orang tertentu, yaitu sejenis teleconference. IRC( Internet Relay Chat) menyediakan cara untuk berkomunikasi secara real time dengan orang-orang dari seluruh dunia. IRC terdiri dari berbagai macam server IRC network (biasa disebut "nets") yang terpisah. Server IRC adalah mesin yang menyambungkan user-user ke IRC. Nets yang terbesar adalah Efnet (awalnya adalah IRC net, sering mempunyai 32.000 orang pada waktu yang bersamaan), Undernet, IRC net, DAL net, dan NewNet.


Secara umum, user menjalankan program (disebut "client") untuk menyambungkan diri ke sebuah server dari net-net IRC yang ada. Server akan merelay informasi ke dan dari server-server lainnya pada net yang sama. Masalahmasalah yang terjadi pada server IRC, yaitu :

1. Net Splits, network dapat menjadi terpecah (disebut "net split"), jadi memisahkan anda dari user-user yang sedang berbicara.

2. Lag, problem yang sering muncul, dimana ada delay yang terasa antara waktu ketika anda mengetikkan pesan dan sampai orang lain membacanya.

3. Server list, Pada banyak client, mengetikkan /links memberikan list dari server-server pada net yang bersangkutan.


mIRC

mIRC merupakan aplikasi chatting yang menggunakan fasilitas komunikasi IRC. mIRC adalah sebuah program yang berbasis pada Bahasa Inggris dan tidak mempunyai versi translasi pada saat ini. Walaupun begitu, penggunaan mIRC tidaklah terlalu sulit untuk orang-orang yang tidak berbicara atau berbahasa dalam Bahasa Inggris. Semua tombol, kegunaan-kegunaan dan fungsi-fungsi dapat digunakan dengan mudah dan langsung menuju perintahperintah dan setting-setting.


Posting by: Rendy Wijaya (41408010001)

1 komentar:

acep mengatakan...

klo kegunaan chating itu sendiri untuk apa sih?

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
TATA TULIS KARYA ILMIAH © 2008 Template by:
SkinCorner