Attention.........!!!!!!!!

Bagi Anggota Blog yang ingin Sign in..
Harap mengunjungi www.blogger.com..

Bagi Pengunjung Blog yang ingin melihat jawaban Pertanyaan..
Harap melihat komentar dari judul Postingan yang anda tanyakan..
Atau klik link nama anggota tim kami yang anda tanyakan..

Bagi yang ingin membaca lengkap postingan Kami..
Silakan klik saja judul postingan yang anda inginkan..

Terima Kasih...

Killims - Forever (SONG)

Get More Songs & Codes at www.stafaband.info

Selasa, 20 Oktober 2009

ENUM

ENUM
Electronic Number Mapping (ENUM) yang biasa juga disebut Telephone Number Mapping, adalah sebuah mekanisme pemetaan nomor perangkat elektronik (dalam hal ini nomor telepon berdasarkan format dalam rekomendasi ITU-T E.164) kepadasystem penamaan DNS Uniform Resource Identifier (URI) yang digunakan secara global dalam Internet. ENUM merupakan salah satu standar yang dikeluarkan IETF (RFC 3761) yang mengijinkan seorang pengguna untuk menggunakan sebuah nomor telepon dalam mengakses DNS sehingga mendapatkan akses terhadap record Universal Resource Identifier (URI) di dalam NAPTR Resource Record yang dimiliki oleh nomor tersebut.


Cara kerja ENUM server
Proses pembentukan hubungan dimulai pada saat kita mendial digit nomor ENUM, contohnya sebuah nomor tujuan +62223333623001. Digit tersebut terbaca oleh IP PBX sebagai nomor ENUM, sehingga akan diteruskan menuju ENUM server untuk proses lookup. Proses pembacaan nomor tersebut hingga di dapatkan sebuah user tujuan adalah sebagai berkut :
a. Membuang segala karakter kecuali angka. Pada contoh di atas, tanda “+” dibuang.
b. Letakkan dot (“.”) diantara angka tersebut (6.2.2.2.3.3.3.3.6.2.3.0.0.1).
c. Balik urutan angka tersebut. (1.0.0.3.2.6.3.3.3.3.2.2.2.6).
d. Tambah domain pada kombinasi angka tersebut.
e. (1.0.0.3.2.6.3.3.3.3.2.2.2.6.dnsku.com). Domain tersebut merupakan nama domain ENUM server.
f. Ditemukan domain yang cocok sesuai database ENUM server, sehingga user tujuan disampaikan menuju IP PBX kembali.
g. Proses panggilan dilakukan melalui IP PBX kembali.

Domain Name Service (DNS)
Dalam implementasinya, ENUM dikembangkan melalui DNS server. DNS adalah suatu bentuk database yang terdistribusi, dimana pengelolaan secara lokal terhadap suatu data akan segera diteruskan ke seluruh jaringan dengan menggunakan skema client-server. Suatu program yang dinamakan name server, mengandung semua segmen informasi dari database dan juga merupakan resolver bagi client-client yang berhubungan ataupun menggunakannya. Secara sederhana, DNS dapat diartikan memetakan/mengkonversikan nama host/mesin/domain ke alamat IP (Internet Protocol) dan sebaliknya dari alamat IP ke nama host yang disebut dengan reverse-mapping.

Berkeley Internet Name Domain (BIND)
BIND merupakan salah satu implementasi dari DNS yang paling banyak digunakan pada server di Internet. Program utama dari BIND adalah bernama named yaitu sebuah daemon yang bila dijalankan akan menunggu koneksi pada port 53 (default). Koneksi pada port 53 ini adalah koneksi permintaan informasi pemetaan dari nama domain/mesin ke alamat IP dan sebaliknya.

Naming Authority Pointer Resource Record (NAPTR)
NAPTR (Naming Authority Pointer Resource Record) adalah salah satu tipe DNS record yang menggunakan atau berbasis text. Standard yang digunakan adalah RFC 2915 yang dikeluarkan oleh IETF pada tahun 2000. Urutan field pada NAPTR akan menentukan spesifikasi dengan urutan apa DNS records diinterpretasikan. Hal ini dilakukan Karena DNS tidak menggaransi urutan record yang dikembalikan dalam answer section dari sebuah paket DNS.

Posting by: Rendy Wijaya (41408010001)

1 komentar:

acep mengatakan...

kalo penggunaan ENUM itu sendiri apa hanya untuk komputer server?

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
TATA TULIS KARYA ILMIAH © 2008 Template by:
SkinCorner