Attention.........!!!!!!!!

Bagi Anggota Blog yang ingin Sign in..
Harap mengunjungi www.blogger.com..

Bagi Pengunjung Blog yang ingin melihat jawaban Pertanyaan..
Harap melihat komentar dari judul Postingan yang anda tanyakan..
Atau klik link nama anggota tim kami yang anda tanyakan..

Bagi yang ingin membaca lengkap postingan Kami..
Silakan klik saja judul postingan yang anda inginkan..

Terima Kasih...

Killims - Forever (SONG)

Get More Songs & Codes at www.stafaband.info

Kamis, 15 Oktober 2009

SISTEM PAKAR TROUBLESHOOTING ALARM BTS CDMA FLEXI BERBASIS WEB

Bentuk Sistem Pakar :
Ada 4 bentuk Sistem Pakar :
Berdiri sendiri. Sistem pakar jenis ini merupakan software yang berdiri sendiri
tidak tergabung dengan software yang lainnya.
Tergabung. Sistem pakar jenis ini merupakan bagian program yang
terkandung di dalam suatu algoritma (konvensional), atau merupakan program
dimana di dalamnya memanggil algoritma subrutin lain (konvensional).
Menghubungkan ke software lain. Bentuk ini biasanya merupakan sistem
pakar yang menghubungkan ke suatu paket program tertentu, misalnya dengan
DBMS.

Sistem mengabdi. Sistem pakar merupakan bagian dari komputer khusus yang
dihubungkan dengan suatu fungsi tertentu, misalnya sistem pakar yang
digunakan untuk membantu menganalisis data radar.

Struktur Sistem Pakar:
Sistem Pakar terdiri-dari 2 bagian pokok, yaitu : lingkungan pengembangan
(development environment) dan lingkungan konsultasi (consultation environment).
Lingkungan pengembangan digunakan sebagai pembangun sistem pakar baik dari segi
pembangun komponen maupun basis pengetahuan. Lingkungan konsultasi digunakan
oleh seseorang yang bukan ahli untuk berkonsultasi.

Komponen – komponen yang ada pada Sistem Pakar :
Subsistem penambahan pengetahuan. Bagian ini digunakan untuk memasukkan
pengetahuan, mengkontruksi atau memperluas pengetahuan dalam basis pengetahuan.
Pengetahuan itu dapat berasal dari ahli, buku, basisdata, penelitian dan gambar.
Basis pengetahuan. Berisi pengetahuan-pengetahuan yang dibutuhkan untuk
memahami, memformulasikan dan menyelesaikan masalah.
Ada 2 bentuk pendekatan basis pengetahuan yang sangat umum digunakan yaitu :
o Penalaran berbasis aturan (Rule-Based Reasoning)
o Penalaran berbasis kasus (Case-Based Reasoning)
Basis pengetahuan salah satunya didapatkan dari kemampuan seorang pakar/ahli,
membaca ataupun pengalaman dan pengamatan di lapangan. Contoh bentuk yang
termasuk keahlian adalah :
o Fakta-fakta pada lingkup permasalahan tertentu.
o Teori-teori pada lingkup permasalahan tertentu.
o Prosedur-prosedur dan aturan-aturan berkenaan dengan lingkup
permasalahan tertentu.
o Strategi-strategi global untuk menyelesaikan masalah.
o Meta – knowledge (pengetahuan tentang pengetahuan).
Motor inferensi (inference engine). Program yang berisi metodologi yang digunakan
untuk melakukan penalaran terhadap informasi-informasi dalam basis pengetahuan
dan blackboard, serta digunakan untuk memformulasikan konklusi.
Ada 2 cara dalam melakukan inferensi :
o Forward Chaining. Pencocokkan fakta atau pernyataan dimulai dari fakta
terlebih dahulu untuk menguji kebenaran hipotesis.
o Backward Chaining. Pencocokkan fakta atau pernyataan dimulai dari
hipotesis terlebih dahulu, dan untuk menguji kebenaran hipotesis tersebut
harus dicari fakta-fakta yang ada dalam basis pengetahuan.
Workplace. Merupakan area dari sekumpulan memori kerja (working memory),
digunakan untuk merekam hasil-hasil antara masalah dan kesimpulan yang dicapai.
Ada 3 tipe keputusan yan dapat direkam, yaitu:
o Rencana : Bagaimana menghadapi masalah.
o Agenda : Aksi-aksi yang potensial yang sedang menunggu untuk
dieksekusi.
o Solusi : Calon aksi yang akan dibangkitkan.
Fasilitas penjelasan. Merupakan komponen tambahan yang akan meningkatkan
kemampuan sistem pakar. Komponen ini menggambarkan penalaran sistem kepada
pemakai. Fasilitas penjelasan dapat menjelaskan perilaku sistem pakar dengan
menjawab pertanyaan-pertanyaan.
Perbaikan pengetahuan. Pakar memiliki kemampuan untuk menganalisis dan
meningkatkan kinerjanya serta kemampuan untuk belajar dari kinerjanya.
Kemampuan tersebut adalah penting dalam pembelajaran terkomputerisasi, sehingga
program akan mampu menganalisis penyebab kesuksesan dan kegagalan yang
dialaminya.
Kompatibilitas
Kompatibilitas adalah kemampuan dari program sistem pakar untuk dijalankan.
Biasanya programs sistem pakar dibuat untuk dijalankan pada suatu konfigurasi
komputer tertentu, dan kadang ini menyulitkan. Kemampuan suatu program sistem
pakar untuk dijalankan pada berbagai jenis komputer merupakan suatu nilai lebih,
sebab akan memperluas pemakaian sistem pakar tersebut.
Kemampuan Belajar
Yang dimaksud dengan kemampuan belajar disini adalah kemampuan suatu sistem
pakar untuk menambah sendiri pengetahuannya, selama interaksinya dengan
pemakai.

Karakteristik Sistem Pakar:
Sistem Pakar yang baik harus memenuhi ciri-ciri sebagai berikut:
Memiliki fasilitas informasi yang handal.
Mudah dimodifikasi.
Dapat digunakan dalam berbagai jenis komputer.
Memiliki kemampuan untuk belajar beradaptasi.

1 komentar:

acep mengatakan...

keren banget yah kalo flexi gitu,,

Posting Komentar

TATA TULIS KARYA ILMIAH © 2008 Template by:
SkinCorner