Attention.........!!!!!!!!

Bagi Anggota Blog yang ingin Sign in..
Harap mengunjungi www.blogger.com..

Bagi Pengunjung Blog yang ingin melihat jawaban Pertanyaan..
Harap melihat komentar dari judul Postingan yang anda tanyakan..
Atau klik link nama anggota tim kami yang anda tanyakan..

Bagi yang ingin membaca lengkap postingan Kami..
Silakan klik saja judul postingan yang anda inginkan..

Terima Kasih...

Killims - Forever (SONG)

Get More Songs & Codes at www.stafaband.info

Selasa, 20 Oktober 2009

SIP (Session Initiation Protocol)

SIP adalah peer-to-peer signaling protokol, dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF), yang mengijinkan endpoint-nya untuk memulai dan mengakhiri sessions komunikasi. Protokol ini didefinisikan pada RFC 2543 dan menyertakan elemen protokol lain yang dikembangkan IETF, mencakup Hypertext Transfer Protokol (HTTP) yang diuraikan pada RFC 2068, Simple Mail Transfer Protokol (SMTP) yang diuraikan pada RFC 2821, dan Session Description Protokol (SDP) yang diuraikan pada RFC 2327.


Arsitektur SIP

Arsitektur dari SIP terdiri dari dua komponen yaitu user agents dan servers. User agent merupakan endpoint dari sistem dan memuat dua subsistem yaitu user agent client (UAC) yang membangkitkan requests, dan user agent server (UAS) yang merespon requests. SIP server adalah kesatuan fungsi logic, dimana tidak perlu memisahkan alat secara fisik. Fungsi dari empat server tersebut yaitu :

1. Proxy Server :

Merupakan host jaringan yang berperan sebagai perantara yang bertujuan untuk meminta requests atas nama client yang lain.

2. Redirect Server :

Merupakan kesatuan logika yang mengarahkan suatu klien pada perangkat pengganti dari Uniform Resource Indicators (URIs) untuk menyelesaikan tugas request.

3. Registrar Server:

Menerima dan memproses pesan pendaftaran yang mengijinkan lokasi dari suatu endpoint dapat diketahui keberadaannya. Registrar Server ini kerjanya berhubungan dengan Location Server.

4. Location Server :

Menyediakan service untuk database abstrak yang berfungsi mentranslasikan alamat dengan data / keterangan yang ada pada domain jaringan.

Format SIP

Messages yang terdapat pada SIP didefinisikan dalam dua format : request, dikirim dari client ke server, yang berisi tentang operasi yang diminta oleh client tersebut. responses, dikirim dari server ke client, yang berisi informasi mengenai status dari apa yang diminta oleh client.

Ada enam tipe dari request messages :

1. INVITE

2. ACK

3. OPTION

4. BYE

5. CANCEL

6. REGISTER

response messages berisi status kode dan keterangan tentang kondisi dari request tersebut. Nilai-nilai dari kode status yang serupa dengan penggunaan pada HTTP, dibagi dalam enam kategori :

• 1xx: Provisional

• 2xx: Success

• 3xx: Redirection

• 4xx: Client Erro

• 5xx: Server Error

• 6xx: Global Failure


Protokol yang Terlibat dalam SIP

SIP menggabungkan beberapa macam protokol baik itu dari standar yang dikeluarkan oleh IETF sendiri maupun oleh ITU-T.

• IETF Session Description Protocol (SDP)

• IETF Session Announcement Protocol (SAP)

• IETF Real-Time Transport Protocol (RTP) and Real-Time Control Protocol (RTCP)

• ITU-T algoritma pengkodean yang direkomendasikan, seperti G.723.1, G711, G.728, dan G.729 untuk audio, atau H.261 atau H.263 untuk video.


Posting by: Rendy Wijaya (41408010001)

1 komentar:

acep mengatakan...

thank atas infonya,,

Posting Komentar

TATA TULIS KARYA ILMIAH © 2008 Template by:
SkinCorner